Kamis, 16 Februari 2012


Did you know??

       Sering banget kita dengar (atau bahkan merasakan sendiri) perut terasa nyeri saat haid. Bahkan sampai ada yang enggak masuk sekolah dan Cuma bisa tiduran saja. Eits, jangan dianggap remeh, lho. Nyeri haid yang berlebihan bisa jadi disebabkan oleh kista atau miom. So, be careful, please...
Kista dan miom adalah dua penyakit reproduksi yang menyerang cewek yang ada dalam usia reproduksi, termasuk kita, para remaja. Kista dan miom adalah bentuk dari tumor kandungan. Sampai sekarang, penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui. Dengar, deh, pendapat Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari Omni Hospital. “Kista dan miom bisa disebabakan oleh faktor genetik. Jadi coba cek riwayat penyakit miom dan kista di keluarga kita. Selain itu, penyakit ini juga bisa muncul karena faktor hormonal dan lingkungan. Misal dari polusi, junk food, stres berlebih dan pola hidup yang tidak sehat.

Si kenyal kista
        Kista adalah sejenis tumor berbentuk seperti kantung berisi cairan yang sering kali tumbuh di indung telur. Menurut Dr. Caroline, dunia medis mengenal empat jenis kista:
a.    Tidak semua kista harus diobati dengan cara operasi. Misal kista fungsional yang disebabkan masalah hormonal bisa hilang sendiri tanpa perlu dioperasi.
b.    Kista dermoid terjadi karena jaringan dalam telur tidak dibuahi. Kista dermoid muncul pada dua indung telur dan biasanya tanpa gejala. Kita hanya akan merasa sakit apabila kista terpuntir atau pecah.
c.    Yang ketiga adalah kista denoma. Berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Kista jenis ini dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Orang yang terkena jenis kista ini biasanya jadi beser atau pengin ke belakang terus-terusan.
d.    Nah, jenis kista yang keempat, kista endometriosis lah yang mesti kita waspadai. Kista jenis ini paling sering terjadi pada cewek seumuran kita.

Gejala-gejala
·         Sering nyeri di perut bagian bawah pas lagi menstruasi
·         Sering ingin buang air besar dan kecil
·         Kalau suadah tingkat lanjut, kita bakal merasa ada benjolan di bagian perut.

Sumber: kaWanku (edisi december 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar